Tips Agar Aplikasi Aman Dari Banned Google Playstore

Tips Agar Aplikasi Aman Dari Banned Google Playstore


Tips Penting Agar Akun Google Play Developer Aman dari Suspend

Bagi developer android indie akan selalu takut dengan bayang-bayang akunnya digoogle play developer console ditangguhkan oleh google atau suspended. Bayangkan saja sudah kerja bikin aplikasi yang banyak dan melelahkan ehh ujung-ujungnya semua aplikasi yang dibuat dan telah di-upload digoogle play dihapus oleh google atau karena akunnya digoogle play telah ditangguhkan alias kena suspend, sakitnya tuh serasa jatuh dari tempat yang sangat tinggi sekali.

Setelah akun google play ditangguhkan kemungkinan iklan-iklan yang ada di-admob akan juga dihentikan tayang “ad serving has been disabled to your application”, hal ini akan berakibat dengan pemasukan dollar yang akan menurun drastis. Bagi developer android indie yang baru, belum cukup pengalaman dan belum mendapatkan hasil akan langsung kapok memulai lagi semuanya dari awal, tetapi bagi seorang spammer akan dianggap biasa serta akan mau memulai lagi dari awal, karena spammer biasanya sudah merasakan nikmatnya dan telah untung berlipat dari pemasukan lebih dari $1000 USD dollar hanya dengan modal awal $25 + beli source code untuk reskin total misal katakanlah cuman modal hanya $100 USD dollar.

Kita lupakan sejenak ketakutan akan ditangguhkannya akun google play developer console. Kita kembali kepokok bahasan kita, bagaimana agar akun kita tidak terkena pentung satpol PP google dan agar tidak di-suspend, berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

    Bagi developer android indie yang baru mulai dan akan membeli akun google play developer console. Usahakan komputer bebas dari kukis atau temporary data internet dengan membersihkannya terlebih dahulu. Bisa dengan bantuan program CCleaner atau secara manual >> pada windows eksplorer bar ketikan %temp% lalu enter, hapus seluruh file dan folder yang ada, bila ada file atau folder yang tidak bisa dihapus kemungkinan ada program yang sedang running, tutup dahulu program tersebut atau pastikan tidak ada program yang sedang aktif. Mengapa hal ini harus dilakukan, karena kemungkinan hal ini untuk menghindari kecurigaan google saat login gmail dan mendaftar. Kita mungkin saja memiliki lebih dari satu akun gmail dan itu bisa saja menjadi kecurigaan google karena terang-terangan telah menjadi spammer, meskipun kita dibolehkan memiliki lebih dari satu akun gmail. Kalau perlu install ulang kembali OS windowsnya.
    Usahakan tetap menggunakan komputer yang sama saat login akun google play developer console. Pada kenyataanya mungkin saja menggunakan jasa atau ada yang membeli akun google play developer console dari orang lain.
    Cek IP address dan tetap usahakan agar selalu menggunakan IP address yang sama untuk upload aplikasi android ke akun google play developer console. Pada kenyataanya bisa saja kita menggunakan IP yang berbeda-beda karena menggunakan modem internet GSM.
    Usahakan jangan melanggar TOS, atau setidaknya jangan terang-terangan meniru aplikasi atau sebagai pengembang yang meniru entitas lain, merek, atau melanggar hak-hak kekayaan intelektual orang lain (termasuk merek dagang, hak cipta, paten, rahasia dagang, dan hak kepemilikan lainnya). Contoh misalkan hendak membuat aplikasi dengan reskin photo frames hendaklah jangan menggunakan gambar, background dan icon yang sudah dipatenkan dari tokoh-tokoh terkenal seperti tokoh animasi: “Minions“, “Kungfu Panda“, “Hello Kitty” dll. Hendaklah jangan mengunakan judul atau kata kunci “keywords” merek dagang yang sudah terkenal dan dipatenkan lebih dahulu seperti: “Despicable Me“, “Naruto“, “One Piece“ dll.
    Bila membuat aplikasi dengan reskin dari source code usahakan untuk menambahkan konten dengan memodifikasi program, atau bila tidak ingin melakukan modifikasi program jangan menggunakan gambar yang sama persis dari gambar-gambar aslinya. Edit dan modifikasi sedemikian rupa agar gambar-gambar background, konten dan icon agar tidak sama persis dengan aslinya serta tidak terang-terangan meniru aplikasi lainnya yang sudah ada digoogle play store.
    Buat sendiri gambar-gambar untuk aplikasi yang akan dibuat atau gunakan gambar-gambar yang bebas royalti misal dengan membeli atau memang gratis dan bebas untuk digunakan.

Sudah banyak membuat game dan aplikasi dengan melakukan reskin serta sudah main aman, akan tetapi pendapatannya masih saja kecil. Mungkin saja kata kunci atau judulnya kurang populer sehingga tidak muncul dipencarian google, atau mungkin icon kurang menarik.


Share This

Comments